Rabu, 10 Oktober 2012

Bahan kaos "madasariku"

 Pertama saya bingung harus memilih kain jenis apa dan yang cocok untuk kaos yang saya buat, lalu saya banyak sering dengan teman dekat di daerah cijulang. Barulah saya ada sedikit gambaran tentang kain apa yang pas dan cocok untuk kaos yang mau dibuat dengan teman saya ini.
Bahan kaos yang pertama yaitu :
1.Katun combed
katun kombed sering juga di sebut 100% katun kwalitas no 1. karena katun jenis ini100% terbuat dari serat kapas tanpa campuran sehingga sangat ringan dan nyaman saat digunakan. katun combed dibagi beberapa jenis menurut pembuatannya. yaitu 20s, 24s, 30s, 40s.
pada dasarnya jenis katun combed terbuat dari bahan dan serat yang sama yaitu 100% cotton hanya saja yang membedakan adalah ketebalan serat benang dan kerapatan nya saja yang diukut dalam satuan 20s,24s danseterusnya.
perbedaan yang mencolok antara 20s, 24s, 30s danseterusnya adalah, semakin kecil angkanya maka semakin tebal bahan benang dan kerapatanya semakin padat sehingga kaos akan terlihat tebal dan lebih berbulu.
1.katun cardet
katun kardet atau sering disebut katun kwalitas nomor 2 adalah bahan katun alternatif untuk menekan biaya. sebenarnya katun cardet mempunyai bahan dasar yang sama dengan katun combed. hanya saja bahan dasar katun cardet jauh lebih kasar dari katun kombed. katun cardet memiliki kelebihan dan kekutangan atau lebih bijaksana kita sebut keunikannya sendiri.
katun cardet memiliki bahan yang lebih kuat serta memiliki intensitas skringkage yang rendah dengan katalain kaos dengan bahan kardet dapat mempertahankan bentuknya dalam waktu yang lebih panjang.
katun cardet memiliki kelemahan mempunyai daya tarik yang tinggi terhadap debu sehingga terlihat kusam. dan lagi bahan kaos dari katun cardet lebih kaku, kasar dan sedikit panas saat digunakan.
1.TC
bahan kaos TC adalah gabungangan dari katun dan poliester atau tidak 100 kapas. keunggulan bahan TC adalah bahan TC tidak cepat berubah bentuk. lain halnya seperti bahan katun lain Bahan TC mempunya warna yang terang dan tahan tidak cepat memudar.
namun bahan kaos TC juga memiliki kelemahan panas saat dikenakan, selain itu juga tidak menyerap keringat. (sumber : http://depanpos.wordpress.com/2011/11/23/macam-macam-bahan-kaos/)
Bahan kaos yang saya pilih yaitu katun cardet untuk kaos petama saya. kenapa saya memilih katun cardet? intinya sih berat di ongkos mas bro hehe.. tadinya terus terang saya lebih suka dengan bahan dari katun kombed, tapi itung2 ngirit biaya dan juga ongkos lah hehe...  ya,,,,,, untuk pertama ini saya pake dulu bahan katun kardet . Tapi kedepannya saya berharap untuk target proyek kedua saya akan pake bahan katun combed supaya lebih memuaskan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar