RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 7 (UNTUK SISWA KELAS 9)
JENIS PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Peralatan
teknologi komunikasi zaman dulu :
1.
Papyrus : kertas yang terbuat dari daun tumbuhan
papyrys yang digunakan untuk menulis
2.
Bereguh : alat komunikasi yang terbuat dari tanduk
kerbau yang digunakan dengan cara ditiup
3. Kulkul : alat komunikasi yang berbentuk seperti kentongan yang
terbuat dari kayu yang berongga yang digunakan dengan cara dipukul
4.
Dan beberapa alat tradisional yang lain
Peralatan
teknologi informasi dan komunikasi pada zama modern semual dipisah menjadi dua:
teknologi informasi dan teknologi kemunikasi
Teknologi
informasi contoh
1.
computer : mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh
program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi
Teknologi
komunikasi contoh
Surat kabar : alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat dibaca
Radio:
alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat didengar
Telepon
: alat komunikasi dua arah, dapat bergantian komunikasi
Televisi
: alat komunikasi satu arah, yang hanya dapat di dengar dan dilihat
SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Sejarah
perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi
1.
Periode sebelum masehi
a.
Periode sampai 3000 SM
Komunikasi
dengan menggunakan gambar didinding gua yang menceritakan tentang cara berburu,
bahasa digunakan dengn dengusan, isyarat, dan gerakan tangan
b.
Periode 3000 SM
3000
SM bangsa sumeria mengguakan tulisan sebagai alat komunikasi berupa symbol-simbol
(huruf piktograf)
2900
SM bangsa mesir kuno mengukan huruf hieroglif sebagai alat komunikasi
500
SM bagsa mesir kuno mengukana serat papyrus sebagai kertas untu menulis sebuah
tulisan
105
SM bangsa cina menggukan kertas dari serat bambu
2.
Periode setelah masehi
a.
Penemuan telegraf oleh Samuel Finley Breese Morse 1837
b.
Telepon ditemukan Antonio Meucci 1874, dikembangkan
Alexander Graham Bell 1876
c.
Radio, Guglielmo Marconi 1901 dengan mengirimkan
sinyal-sinyal kode telegraf melewati lautan Atlantik dengan gelombang
eletronagmetik
d.
Televisi ditemukan Paul Nipkow 18883
e.
Dan beberapa penemuan lain
Sejarah
pengembangan computer:
5000
tahun yang lalu di Asia ada alat “abacus “ digunakan sebagai alat hitung
1642
Blaise Pascal menanukan kalkulator “Pascaline”, melakukan operasi penjumlahan
1694
Gottfred Wilhem von Leibniz menemukan alat hitung penjumlahan dan perkalian
1820
kalkulator mekanik “Arithometer” oleh Charles Xavier Thomas de Colmar,
alat ini mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian
Cikal
bakal computer : penemuan mesin hitung “difference engine” oleh Charles Babbage
1822
Dan
ada beberapa penemuan berikutnya
Pengembangan
computer berdasar generasi:
1.
Generasi pertama (1946-1959)
Ciri
:
Menggunakan
tabung hampa pd sirkuitnya
Program
hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran
fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat
panas, perlu mesin pendingin
Proses
lambat
Kapasitas
sedikit
Butuh
data listrik besar
Aplikasi
terbatas
Contoh
: ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard
Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2.
Generasi kedua (1959-1964)
Ciri:
Menggunakan
trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran
fisik lebih kecil
Menggukana
program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa
memori cukup besar
Menggukana
simpanan luar magnetic disk
Mempunyai
kemampuan realtime dan time sharing
Proses
operasi lebih cepat
Membutuhkan
daya lebih kecil
Aplikasi
lebih luas
Contoh:
PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070,
IBM 7080, IBM 1400
3.
Generasi ketiga (1964-1970)
Ciri
:
Menggunakan
IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan
software
Proses
pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai
kapasitas memory lebih besar
Mengguakan
penyimpan luar
Daya
listrik lebih hemat
Menggunakan
multi processing
Menggunakan
visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga
murah
Dapat
berkomunikasi antar komputer
Contoh
: IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC
6000
4.
Generasi keempat (1979-sekarang)
Ciri
:
Berukuran
lebih kecil
Harga
relative murah
Mecul
PC (personal computer)
Terdapat
aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan
VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan
chip yang bernama microprocessor
Contoh
: mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer
Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486,
Pentium, AMD KD 36
5.
Generasi kelima
Dalam
pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan
VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh
penerapan dibidang :
Perusahaan
: ERP (Enterprise
Resource Planning)
Bisnis
: E-Commerce
Perbankan
: E-Banking
Pendidikan
: E-Learning
Kesehatan
: Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime
: kejahantan atau tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang
dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas
kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking
: usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari
kelemahan system jaringan
Cracking
: usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah
atau menghacurkan file atau data yang disimpan dalam computer pada suatu
jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur
yang benar menghidupkan computer
1.
Menyalakan stabilizer
2.
Menyalakan power pada Chassing / CPU
3.
Menyalakan power pada monitor
4.
Menunggu computer loading system operasi (missal
Windows)
5.
Tunggu beberapa saat sampai keluar tampilan desktop di
monitor
Prosedur
yang benar mematikan computer
1.
Klik tombol start
2.
Pilih shut down atau turn off
3.
Klik OK
4.
Tunggu beberapa saat sampai computer mati
5.
Matikan tombol off pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat
keras dibangi menjadi
1.
Perangkat masukan (input device)
a.
Keyboard
b.
Mouse
c.
Joystick
d.
Scanner
e.
Digital camera
f.
Microphone
g.
Webcam
2.
Perangkat proses (process device)
a.
Motherboard / Mainboard
b.
CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit,
CU:control unit, MU:memory unit
3.
Perangkat simpan (storage device)
a.
Primary storage : ROM, RAM
b.
Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4.
Perangkat keluaran (output device)
a.
Monitor
b.
Printer
5.
Perangkat tambahan (peripheral) : TV turner, card
reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan
perangkat lunak
1.
Sistem Operasi
a.
Basis teks (CLI: Command Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b.
Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft
Windows, macintosh, Linux
2.
Program Utility
a.
File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.
Sytem Utulity : program Scandisk, hardware monitor,
file compression, security program (antivirus, anti spyware, firewall, password
generator)
3.
Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC,
C++, dsb…
4.
Program Aplikasi
a.
Program pengolah kata
b.
Program pengolah angka
c.
Program presentasi
d.
Program multimedia
e.
Program desain grafis
f.
Program publisher
g.
Program database
RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 8 (UNTUK SISWA KELAS 9)
PROGRAM PENGOLAH KATA
Bagian
penting Microsoft Word 2003
1.
Menu control
2.
Title bar
3.
Menu bar
4.
Toolbar
5.
Scroll bar
6.
Ruler
7.
Kursor
8.
Taskpane
Menu
bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, table,
window, help
Menu
bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, reference, mailings,
review, view
3
Toolbar utama di Word 2003: toolbar standart, formatting, drawing
Ikon
: lambing atau gambar yang mewakili seautu intruksi / perintah
Mengelola
dokumen :
1.
Membuka dokumen baru : file –new
2.
Menyimpan dokumen : file – save as
3.
Membuka dokumen : file – open
4.
Menutup dokumen : file – close
Mengedit
dokumen
1.
Tipe dan ukuran huruf : font , font size
2.
Attribute teks : bold, italic, underline
3.
Perataan teks : align left, center, align right,
justify
4.
Menghapus teks : delete
5.
Membatalkan perintah : undo, redo
6.
Mengulang perintah : repeat
7.
Menyalin teks : copy, paste
8.
Menindah teks : cut, paste
Pengaturan
halaman : file – page setup
Pengaturan
jarak spasi : format – paragraph
Menu
Microsoft Word:
1.
Bullet and numbering
2.
Border and shading
3.
Clip art
4.
Wordart
5.
Columns
6.
Symbol
7.
Dropcap
8.
Header and footer
9.
Page number
10. Table
11. Chart
Pengaturan
indentasi : fist line indent, hanging paragraph, left tab, center tab, right
tab, decimal tab
Mencetak
dokumen
1.
Print preview
2.
Cetak dokumen
PROGRAM PENGOLAH ANGKA
Tampilan
Microsoft Excel
1.
Workbook (buku kerja) : file atau dolumen yang terdiri
atas lembaran-lembaran (sheet)
2.
Worksheet (lembar kerja) : sekumpulan range
3.
Column : deretan kolom dinotasikan A sd IV (256 kolom)
4.
Rows : deretan baris dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536
baris)
5.
Cell : pertemuan baris dan kolom
6.
Range : sekumpulan sel
7.
Active cell : bagian yang ditunjukan oleh sel pointer
Menu
bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view, insert, format, tools, data,
window, help
Menu
bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page layout, formulas, data,
review, view
Bagian
penting Microsoft Excel 2003
1.
Baris judul
2.
Baris menu
3.
Tombol ukuran
4.
Toolbar
5.
Alamat sel
6.
Baris formula
7.
Judul kolom
8.
Judul baris
9.
Sel
10. Tabulasi sheet
11. Penggulung vertical dan horizontal
12. Task pane
Rumus
yang digunakan dalam Excel
SUM
: menjumlah data pada suatu range
AVERAGE
: menghitung rata-rata pada suatu range
MAX
: mencari nilai tertinggi pada suatu range
MIN
: mencari nilai terendah pada suatu range
COUNT
: menghitung banyaknya data pada suatu range
RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 9 (UNTUK SISWA KELAS 9)
INTERNET & INTRANET
Internet berasal dari bahasa latin “inter”
arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan
antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan
computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer
dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya
terdapat sumber daya informasi
Sejarah lahirnya internet
1. Tahun 1969
Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency
(DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer
sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET
2. Empat tempat yang
pertama kali terhubung jaringan ARPANET :
a. University
of Utah
b. University California of Los
Angles (UCLA)
c. University California
of Santa Barbara
(UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local
yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor
Fasilitas / layanan yang tersedia di
internet :
1. www (World Wide
Web)
2. E-mail
(Electronic Mail)
3. IRC (Internet
Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File
Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text
Trasfer Protocol)
Situs web (sering pula disingkat menjadi
situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web
page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau
subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet
Unsur Website
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di
internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform
Resource Locator)
Macam Domain Name
1. Generic Domains :
domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level
domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : badan pendidikan (universitas,
institute)
.gov : lembaga pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : badan pendidikan (universitas)
2. Country Spesific
Domains : domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi (second level domain)
.id (Indonesia),
.au (Australia) .jp
(Jepang), .in (India),
.uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : badan usaha di Indonesia
.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia
.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia
.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA)
di Indonesia
JARINGAN INTERNET & AKSES INTERNET
Jaringan computer : himpunan sejumlah
computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber
daya lebih efisien
2. Mempertahankan
informasi tetap andal dan up to date
3. Mempercepat
proses berbagi data
4. Komunikasi lebih
efisien
5. Pelayanan klien
lebih efektif
Jenis jaringan computer
1. LAN / Local Area
Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang
berukuran sampai beberapa kilometer
2. MAN /
Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan
menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan
yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area
Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,
mencakup sebuah negara bahkan benua
4. Internet :
kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan
perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda
Backbone : jaringan koneksi antar computer
yang menjangkau dunia yang menyediakan layanan penuh untuk Internet Service
Provider (ISP)
Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer
melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps
(Mega byte per second)
Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses
internet :
1. Kecepatan
computer pelanggan
2. Kepadatan lalu
lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth
yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna
yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan
kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses
PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Perangkat keras jaringan computer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface
Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub /
konsentrator
5. Network Cable
/kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network
Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10.
Bridge
11. Router
12. Crimping Tools
Server : computer yang bertugas sebagai
eplayan bagi computer atau perengkat yang terhubung pada sebuah jaringan,
bertugas untuk membagi koneksi ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan
Clinet : computer yang menerima pelayanan
dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat
yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard
server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi
menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan
menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang
mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang
elektromagnetik
Connector : perangkat yang digunakan untuk
menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat
yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan
kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan
yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi
memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang digunakan untuk
menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk
mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang berguna
untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi
kabel jaringan
Jenis Network Cable
1. Coaxial
2. Unshielded
Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted
Pair (STP)
4. Serat Optik
(Fiber Optic)
Jenis Connector
1. RJ 11, RJ 45 (UTP
& STP)
2. BNC, MMCX, SMA,
F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU,
MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET
Jenis koneksi internet
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric
Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access
(handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small
Aperture Terminal)
Pertimbangan memilih ISP
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space
untuk membuat web
5. Perlindungan
terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis
AKSES INTERNET
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang
digunakan untuk mengakses dan menjelajah di internet
Jenis Browser
Berbasis Grafis
* Mozilla
* Mozilla Firefox
* CometBird
* Epiphany
* Camino
* K-Meleon
* Kazehakase
* Beonex Communicator
* Browser Web IBM untuk
OS/2
* Aphrodite
* Salamander
* Skipstone
* BackArrow
Berbasis Internet Explorer
* Internet Explorer
* Chakra Browser
* Avant Browser
* Crazy Browser
* iRider
* MSN Explorer
* Maxthon
* NeoPlanet
* NetCaptor
* Tablane Browser
Berbasis GRML
* Pioneer Report MDI
* Tree MDI
* Bar Graph MDI
Berbasis KHTML
* Konqueror
* Safari
* ABrowse
* OmniWeb
* SkyKruzer
* Shiira
Browser lainnya
* Opera
* Google Chrome
* Comodo Dragon
* Enigma browser
* Oregano
* Amaya
* iCab
* NetPositive
* OmniWeb
* Dillo
* IBrowse
* AWeb
* Voyager
* Espial Escape
* HotJava
* Arachne
* Off By One
* Emacs/W3
* Grail
* My Kids
* Advanced
* Fast Browser Pro
* GoSuRF
* XANA Web Browser
* FastStone
* Freeware Browser
* 32bit
* Cygsoft LDAP
* Ideal
* The Nubonyx
* Dimension
* Flock
* ballot screen
Berbasis Handphone
* Doris Browser (untuk
nokia 7650)
* Opera Mini
* OpenWave
* UC WEB
* Tea Shark
Berbasis teks
* Lynx
* Links
* ELinks
* w3m
* Netrik
Browser lama yang tidak lagi dikembangkan
* WorldWideWeb
* Mosaic
* AMosaic
* Netscape Navigator
* Arena
* Cello
* CyberDog
* IBM Web Explorer
* MidasWWW
* Viola
* WebRouser
* MacWeb
Tampilan Internet Explorer
1. Title bar
2. Menu bar
3. Standard button
4. Address bar
5. Halaman website
6. Status bar
Menu bar berjumlah 6 : file, edit, view,
favorites, tools, help
Ciri-ciri link pada website
1. Berupa gambar
atau teks
2. Berupa teks
bergaris bawah dan berwarna
3. Jika pointer
mouse diarahkan ke suatu link, maka akan berubah menjadi telunjuk tangan
4. Link yang sudah
dikunjungi akan berubah warna
Tips efisien menjelajah internet
1. Hindari jam-jam
sibuk
2. Hentikan proses
download halaman web yang lama
3. Non aktifkan
animasi dan multimedia
4. Tutup jendela
yang tidak perlu
5. Persiapakan
alamat situs yang akan dibuka
6. Gunakan fasilitas
mesin pencari
E-MAIL
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan
pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet
Jenis e-mail
1. POP Mail : e-mail
yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding
: layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail
: e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail
Cara menulis dan mengirim e-mail
1. Login ke
e-mail account
2. Klik tombol New
(YahooMail)
3. Masukkan alamat
e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi
e-mail
5. Setelah selasai
klik tombol Send
Membuka e-mail
1. Tampilkan halaman
login YahooMail
2. Masukkan user ID
dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa
saat sampai muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau
Check Mail
5. Klik subject
e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk
kembali ke daftar e-mail yang masuk
Membalas e-mail
1. Cara sama dengan
membuka e-mail
2. Setelah membaca,
klik tombol Replay
3. Masukkan alamat
e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi
e-mail
5. Setelah selasai
klik tombol Send
Mengirim file / melampirkan file melalui
e-mail
1. Login ke
e-mail account
2. Klik tombol New
(YahooMail)
3. Masukkan alamat
e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi
e-mail
5. Klik tombol
Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan,
klik Open
6. Tunggu beberapa
saat sampai file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai
klik tombol Send
(sn)
(sn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar